cara menghemat energi yang berupa bbm

Mengetahui cara menghemat energi berupa BBM atau Bahan Bakar Minyak sangat penting. Bukan hanya dapat menghemat pengeluaran harian atau bulanan kita, akan tetapi menghemat energi BBM juga dapat mengurangi polusi udara serta menjaga ketersediaan BBM untuk generasi yang akan datang.

Lalu bagaimana cara menghemat energi berupa BBM yang dapat kita lakukan di kehidupan sehari-hari?

Ini dia caranya:

Cara ke-1 Pastikan Tekanan Angin Ban Sesuai Dengan Rekomendasi. Tekanan ban mobil atau motor yang terlalu rendah menyebabkan konsumsi BBM meningkat.

Cara ke-2 Gunakan AC mobil secara bijak. Setting suhu AC pada 16 atau 18oC tidak diperlukan jika udara di luar tidak terlalu panas. Dan jangan lupa pula AC di jok penumpang dimatikan bila hanya anda sendiri di dalam mobil.

Cara ke-3 Turunkan barang atau benda lain yang tidak diperlukan dari mobil. Mengapa? Karena beban yang berada di atas mobil atau di dalamnya, akan menyebabkan konsumsi BBM meningkat atau boros.

Cara ke-4 Gunakan mobil atau kendaraan dengan efisiensi tinggi. Anda tidak perlu mobil dengan cc atau kapasitas besar jika tidak diperlukan. Mobil dengan cc kecil akan lebih kecil konsumsi BBM nya.

Cara ke-5 Selalu pilih jalur terpendek dan tercepat. Biasakan selalu merencanakan ketika akan melakukan perjalanan menggunakan kendaraan. Pilih jalur terpendek dan tercepat yang bebas macet agar konsumsi bensin atau solar menjadi efisien.

Cara ke-6 Usahakan agar kecepatan kendaraan stabil. Hindari berkendara dengan kecepatan rendah terus atau ngegas terus, karena keduanya akan menyebabkan pemborosan BBM.

Cara ke-7 Matikan mesin ketika kita dalam keadaan menunggu yang lama. Bila anda sedang menunggu seseorang atau istri sedang berbelanja, maka baiknya matikan mesin mobil. Karena BBM akan terus dibakar bila mesin kendaraan dalam keadaan menyala.

Cara ke-8 Rawat dengan baik kendaraan anda. Kendaraan yang selalu terawat dan dalam keadaan performa yang baik akan cenderung mengkonsumi BBM lebih sedikit dibandingkan dengan kendaraan yang mesinnya tidak terawat.

Cara ke-9 Pastikan jendela kaca kendaraan atau mobil selalu tertutup ketika anda sedang menyalakan AC. Dalam kondisi kaca terbuka, maka kebutuhan BBM jauh lebih besar.

Cara ke-10 Apabila memungkinkan gunakan sepeda atau bahkan jalan kaki, tidak menggunakan kendaraan. Cara ini lebih sehat dan jauh lebih hemat BBM, dan juga ongkos parkir tentunya.

Cara ke-11 Gunakan produk penghemat BBM. Produk seperti Cleanoz selain mampu menghemat penggunaan BBM, juga membantu merawat mesin mobil dengan baik.

Lakukan cara yang menurut anda paling mudah. Mulailah dari sekarang, jangan ditunda. Karena anda akan segera melihat hasilnya.

Mau tahu cara menghemat listrik di rumah? Ini caranya.