bagaimana cara menghemat listrik

Apakah anda selalu dipusingkan dengan tagihan listrik yang membengkak setiap bulannya? Ataukah anda sedang mencari cara menghemat listrik untuk mengurangi pengeluaran bulanan anda?

Anda sekarang sedang berada di tempat yang tepat, karena sebentar lagi anda akan dapat mengetahui bagaimana cara menghemat listrik di rumah, yang praktis, mudah dilakukan dan tentu hasilnya akan anda lihat di awal bulan nanti ketika anda harus membayar tagihan listrik.

Atau anda akan mendapatkan token listrik anda berumur lebih panjang.

Mari kita bahas satu per satu cara menghemat listrik di rumah.

Cara #1 Matikan listrik bila tidak digunakan

Ini adalah cara yang paling mudah, karena siapa pun dapat melakukannya. Yang terpenting adalah ajak semua anggota keluarga untuk melakukannya.

Pastikan anda sebagai orang tua memberikan contoh yang baik, agar anak-anak anda pun terbiasa melalukannya.

Gunakan stiker hemat listrik pada setiap saklar atau alat elektronik yang biasa anda gunakan. Seperti ini contoh stikernya.

Cara #2 Pasang genting atau atap yang transparan

Pada bagian tertentu dari atap rumah anda, pasanglah beberapa buah genting kaca atau atap yang tembus cahaya matahari. Dengan cara ini, dijamin anda tidak perlu menyalakan lampu sampai sore hari.

Cara ini sangat praktis dan otomatis penggunaan listrik untuk lampu akan berkurang.

Cara #3 Matikan lampu kamar ketika tidur

Anda tidak perlu cahaya lampu untuk tidur. Meskipun ada sebagian dari kita yang tidak bisa tidur dalam keadaan gelap. Jika ini keadaannya, gunakan lampu tidur sebagai solusinya, agar konsumsi listriknya lebih rendah.

Bagi seorang muslim tentu tahu betul, bahwa Nabi Muhammad SAW mengajarkan untuk mematikan lampu ketika tidur. Jadi selain menghemat listrik, sekaligus juga ikut sunnah Rosul, yang in syaa Alloh bernilai pahala.

Cara #4 Hematlah penggunaan air di rumah

Kok bisa menghemat air bisa menghemat listrik? Jawabannya iya bisa, apalagi bila sumber air di rumah anda menggunakan sumur bor yang perlu pompa air setiap kali mengisi tanki air atau tandon air di rumah.

Cara #5 Tutup pintu atau jendela ketika menyalakan AC

Tanpa sadar seringkali kita boros listrik ketika menggunakan AC di rumah. Kita biasanya lalai membuka pintu atau membuka jendela, padahal AC sedang dinyalakan. Akibatnya AC harus mendinginkan udara yang sebenarnya tidak perlu, hanya karena kita lalai saja.

Lalu, tidak perlu juga setting AC pada suhu 18oC. Karena akan sulit tercapai suhu di dalam ruangan serendah itu, apalagi bila di dalam ruangan tersebut terdapat sumber panas yang juga menyala, seperti TV, kulkas atau alat elektronik lain. Akibatnya komporesor AC akan terus menyala secara maksimum, dan tentu akan lebih boros listrik.

Cukup setting pada suhu 25-26oC saja. Sudah cukup sejuk dan adem kok, dan secara kesehatan pun lebih baik.

Cara #6 Bersihkan alat-alat elektronik secara berkala

Kalau anda sedang libur, sebaiknya anda alokasikan sebagian waktu untuk bersih-bersih alat-alat elektronik seperti kipas angin, AC atau exhaust fan yang ada di rumah.

Mengapa perlu? Karena bila alat-alat tersebut bersih, tentu saja konsumsi listrik yang akan diperlukan lebih sedikit dibandingkan dengan kondisi kotor.

Cara #7 Gunakan mesin cuci dengan beban 100%

Mencuci tiap hari tapi dengan kapasitas mesin hanya 50% tentu akan menyebabkan tagihan listrik naik. Pastikan selalu menggunakan mesin cuci pada kapasitas full nya atau 100%. Misalnya kapasitas mesin cuci anda 7,5kg, maka isi dengan baju anda 5kg. Jangan hanya digunakan untuk mencuci 2kg saja, akan lebih boros listrik.

Cara #8 Gunakan jenis lampu yang lebih hemat listrik

Lampu bohlam atau bulb lamp lebih boros listrik. Maka gunakan lampu LED atau lampu jenis baru lainnya agar lebih hemat listrik. Ini adalah bagaimana cara menghemat listrik yang mudah dilakukan.

Cara #9 Gunakan alat penghemat listrik

Teknologi semakin maju dari hari ke hari. Termasuk juga teknologi penghemat listrik, semakin maju. Maka jangan sampai ketinggalan, gunakan teknologi penghemat listrik seperti home electric saver dan super power saver untuk menghemat listrik di rumah.

Cara #10 Ganti alat listrik lama dengan alat listrik baru yang lebih hemat

Pada saat anda hendak mengganti alat elektronik yang sudah rusak, pertimbangkan kembali kapasitas alat listrik yang akan anda beli. Apakah misalnya AC untuk kamar masih perlu dengan kapasitas 1PK atau dapat diganti dengan AC 3/4PK.

Selain kapasitas, pertimbangkan pula alat listrik dengan teknologi yang lebih maju. Sebagai contohnya adalah AC dengan teknologi inverter, yang lebih hemat listrik dibandingkan dengan AC model lama tanpa inverter.

10 Cara menghemat listrik di atas tidak akan membantu anda menghemat tagihan listrik bulanan anda, apabila anda tidak mempraktekannya sekarang.

Mulai dari yang termudah dahulu, dan lakukan dengan konsisten serta bersama-sama dengan seluruh anggota keluarga.

Jika demikian, anda bisa segera melihat hasilnya di bulan berikutnya.

Selamat mencoba!